Membuat Database dan Table Dengan MySQL - 4 Engineering

Membuat Database dan Table Dengan MySQL

        Banyak orang yang belum tau bagaimana cara membuat sebuah database dengan menggunakan query CREATE, terutama bagi orang yang baru pertama kali belajar bahasa pemrograman SQL. Untuk membuat sebuah table kita harus membuat dulu sebuah database, tanpa database table tidak akan bisa dibuat bagaikan ingin menyalakan kompor gas tapi tidak memiliki tabung gas hehe jus por fan. Untuk mempersingkat waktu, yuu kita mulai bereksperime. By the way mimin menggunakan aplikasi SQLyog, bagi yang belum tahu silahkan klik tautan Cara menggunakan SQLyog.
  1. Langkah pertama kita tulis query "CREATE DATABASE nm_database;" tanpa tanda kutip di tab query seperti contoh berikut. Kemudian execute query tersebut.
  2. Setelah di execute maka database berhasil di buat. Nah untuk melihat databasenya yaitu dengan cara klik root@localhost yang terletak di menu Filter Database kemudian kita tekan tombol F5 pada keyboard maka muncul deh database yang kita buat.
  3. Setelah database terbuat, lalu apa yang harus kita lakukan? Jawabannya yaa kita buat table lah masa itu database mau dianggurin aja kan kasian hehe. Untuk membuat table pada database, pertama kita klik terlebih dahulu database yang kita akan kita isi dengan table. Pada kasus disini kita klik database contoh_db.
  4. Tahap selanjutnya kita tulis query "CREATE TABLE nm_table (nama_field type_data(value)nama_field type_data(value),.....;)" tanpa tanda kutip di tab query seperti langkah pertama. Kemudian execute query tersebut.
  5. Setelah di execute kita lihat apakah database kita sudah terbuat atau belum dengan cara klik tombol + yang berada di sebelah kiri list database, kemudian klik lagi tombol + di folder Tables maka akan terlihat table yang sudah kita buat. Apabila table belum muncul, kita refresh dengan cara yang sama seperti tahap 2.
  6. Sebagai tambahan saja, apabila kita ingin melihat rincian/spesifikasi/describe dari table yang kita buat, caranya kita tulis query "DESC nm_table;" tanpa tanda kutip. Kemudian execute query tersebut, maka tampli deh spesifikasi/describe table yang sudah kita buat.
       Dan pada akhirnya kita sudah memiliki database dan table yang siap digunakan untuk menyimpan data. Mudah bukan untuk membuat sebuah database dan table? Tentu sangat mudah (bagi mimin hehe). Tips agar kita ingat query tersebut diluar kepala adalah sering - sering latihan dan jangan mudah menyerah apabila terjadi error saat di execute, juga harus banyak bereksplorasi untuk memperbanyak ilmu tentang query - query. Terimakasih sudah menyimak tutorial ini, mudah - mudahan apa yang kalian pelajari disini mendapatkan manfaat dan jangan lupa untuk berbagi ilmu kepada teman - teman kalian hehe.
Membuat Database dan Table Dengan MySQL Membuat Database dan Table Dengan MySQL Reviewed by Admin on May 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.