Fungsi ALTER Pada MySQL - 4 Engineering

Fungsi ALTER Pada MySQL

        ALTER berfungsi untuk menambah, merubah, dan menghapus atribut pada table. Atribut disini bukan atribut baju seragam sekolah atau seragam kantoran, tapi atribut disini berupa nama kolom, tipe data, length/values (panjang data) dan primary key. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.
  1. Menambahkan Kolom
    Terkadang ngeselin juga ya apabila kita sudah mengexecute pada saat kita membuat table kemudian kita baru ingat ada beberapa kolom yang terlewat dan kolom itu sangat penting bagi kita. Orang yang masih awam/tidak tau cara untuk mengatasinya pasti berpikiran untuk membuat ulang table dengan cara DROP table yang salah tersebut kemudian CREATE lagi table yang baru. Jangan terburu - buru untuk melakukan hal itu, karena cara itu memang benar - benar keliru dan salah. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini? Jawabannya adalah dengan cara memanfaatkan query ALTER. Yuu kita simak penjelasannya.
    1. Langkah pertama yaitu kita tulis query "ALTER TABLE nm_table ADD nm_kolom type_data(length/values);" tanpa tanda kutip. Kemudian execute query tersebut.
    2. Untuk melihat kolom baru tersebut apakah sudah berhasil ditambah atau belum yaitu dengan cara klik databasenya >> Tables >> nama_tablenya >> Columns disana akan terlihat kolom yang baru kita tambahkan. Apabila belum muncul refresh saja filter tables nya dengan cara klik databasenya kemudian tekan tombol F5 pada keyboard.
    3. Cara yang kedua untuk melihat kolom yang baru di tambah yaitu dengan menuliskan query "DESC nm_table;" tanpa tanda kutip, nm_table di isi dengan nama table yang sudah kita buat. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
  2. Merubah Nama Kolom
    Sesuatu hal yang lumrah apabila kita salah menulis nama kolom atau dalam bahasa gaul sekarang yaitu typo. Jangan beranggapan bahwa nama kolom tidak bisa dirubah kemudian langsung marah - marah ga jelas atau galau karena kesalahan menulis nama kolom, kerena ada caranya apabila terjadi kesalahan nama kolom atau perubahan nama kolom pada table. Untuk lebih jelasnya, yuu kita simak penjelasannya.
    1. Langkah pertama yaitu kita tuliskan query "ALTER TABLE nm_table nm_kolom_lama nm_kolom_baru type_data(length/values);" tanpa tanda kutip. Kemudian execute query tersebut.
    2. Untuk melihat hasilnya apakah berhasil atau tidak yaitu dengan cara yang sama seperti langkah kedua atau ketiga pada penjelasan Menambahkan Kolom.
  3. Merubah Tipe Data atau Values
    Ketika anda sedang percobaan database, kemudian anda mendapatkan kendala yaitu karakter huruf atau angka berlebih, contohnya nama anda memilik 15 huruf sedangkan pada kolom nama hanya diberi values sebesar 10 huruf, pasti akan terjadi error atau nama anda akan terpotong. Atau bahkan anda mengalami kesalahan tipe data, kolom nama seharusnya bertipe data VARCHAR sedangkan ini bertipe data INT, pasti akan terjadi error saat anda menginput nama.Jangan merana, gelisah dan risau terlebih dahulu, ada caranya kok untuk menambahkan values pada kolom tertentu. Yuu kita bahas penjelasannya.

    Apabila mengalami hal seperti ini langsung saja kita tuliskan query "ALTER TABLE nm_table nm_kolom nm_kolom type_data(length/values);" tanpa tanda kutip, dan nm_kolom harus dituliskan 2 kali seperti contoh diatas. Kemudian execute query tersebut.
    Dan untuk melihat hasilnya dengan cara yang sama seperti penjelasan di atas.
  4. Menghapus Kolom
    Menghapus kolom di sini bukan hanya mengapus dengan cuma - cuma, ada tujuan tertentu dalam penghapusan kolom pada table, bisa karena terlalu berlebih saat membuat table, bisa karena tidak jadi memakai kolom tertentu atau bahkan kolom tersebut tidak pernah di isi. Apa salahnya kita hapus kolom yang sudah tidak bermanfaat itu dari pada dianggurin sampe busuk kan mubazir. (BTW benda mati tidak bisa busuk hehe). Yuu langsung saja kita bahas penjelasannya.

    Apabila anda memiliki kolom yang tidak pernah dipakai lebih baik anda hapus saja dengan cara menuliskan query "ALTER TABLE nm_table DROP COLUMN nm_kolom;" tanpa tanda kutip. Kemudian execute query tersebut.
  5. Menambahkan Primary Key
    Ngomongin soal Primary Key, ada yang belum tau apa itu Primary Key? Primari Key adalah sebuah kunci utama yang terdapat pada table dan isi/record dari Primary Key itu tidak boleh sama karena Primary Key bersifat uniq value, artinya datanya unik tidak boleh ada kesamaan data. Apabila ada kesamaan data Primary Key maka akan terjadi error saat memasukkan data. Biasanya saat pertama membuat table disarankan untuk menambhkan Primary Key dengan cara mengetik "CREATE TABLE nm_table(nm_kolom type_data(values) PRIMARY KEY,........);" tanpa tanda petik. Tetapi apabila kita lupa menambahkan Primary Key saat membuat table jangan khawatir karena ada cara lain untuk menambahkan Primary Key ke table yang sudah tersedia. Caranya yaitu kita menuliskan query "ALTER TABLE nm_table ADD PRIMARY KEY (nm_kolom yang akan dijadikan Primary Key)". Kemudain execute query tersebut.
        Bagaimana? Cukup pusing juga ya mengimplementasikan fungsi ALTER ini. Sebenarnya masih ada beberapa query ALTER yang belum saya jelaskan, tapi ini merupakan query ALTER yang sering digunakan. Yaa mungkin ini saja yang dapat mimin share dan mimin kebutulan ini kehabisan kata - kata jadi tidak bisa basa basi begitu panjang hehe. Sekian dan trimakasih. Semoga bermanfaat
Fungsi ALTER Pada MySQL Fungsi ALTER Pada MySQL Reviewed by Admin on May 13, 2016 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.