Looping atau Perulangan Pada Pascal - 4 Engineering

Looping atau Perulangan Pada Pascal

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa tentang Looping atau perulangan yang ditulis dalam pseudocode. Pada kesempatan kali ini, mimin akan menjelsakan bagaimana cara penulisan looping pada bahasa pemrograman pascal. Sebelum masuk ke cara penulisannya, mimin akan mereview sedikit apa itu Looping. Looping adalah suatu proses yang sama dan dilakukan secara berulang yang mana proses looping tersebut harus ada akhirnya atau berhenti. Kapan looping itu berhenti? Looping akan berhenti ketika kondisi sudah terpenuhi, yang menentukan kondisi kapan looping itu berhenti tergantung si programmer yang membuat looping tersebut. Ada 3 jenis looping yaitu
  1. FOR
  2. WHILE
  3. REPET UNTIL
Ketiga jenis itu sudah dibahas pada artikel Looping, bagi yang masih belum paham atau ingin lebih jelas lagi apa itu looping silahkan kalian baca - baca lagi di artikel tersebut. Sekarang kita akan membahas cara penulisan ketiga looping tersebut pada pascal, berikut penjelsannya.

Cara Penulisan FOR

Perulangan FOR digunakan apabila kalian sudah mengetahui kapan perulangan itu akan berhenti. Berikut cara penulisannya.

program nama_program;
uses crt;
var
    //Deklarasikan varaible disini

begin

    //Penulisan FOR
    for nama_variable_penampung := start to end do
        begin
            //Tulis script yang akan diulang disini
        end;

end.

Perlu kalian ketahui bahwa nama_variable_penampung diatas maksudnya adalah variable untuk menampung start, dimana start adalah kondisi awal perulangan itu akan dimulai. Kalau diartikan kedalam bahasa sehari - hari kita, maksud dari start adalah jika kalian ingin lari pagi di lapangan, pasti kalian akan menentukan ketika kalian mulai berlari apakah akan dimulai dari angka 1 atau 0, itu kalian yang menentukan. Kemudian pasti kalian akan menyimpan angka putaran tersebut di otak kalian untuk menentukan angka putaran selanjutnya, nah ini lah maksud dari nama_variable_penampung. Sedangkan Sedangkan end adalah kondisi akhir perulangan tersebut akan berhenti. Maksudnya adalah ketika kalian sudah mencapai target (misal 10 putaran) pasti kalian akan berhenti di putaran ke 10. Untuk lebih jelasnya, akan mimin contohkan cara penulisan yang benar dan silahkan kalian pelajari.

program looping_for;
uses crt;
var
    i : integer;

begin

    for i := 1 to 10 do
        begin
            writeln('Belajar Looping Ke-',i);
        end;

    readln;

end.

Berikut codingan mimin menggunakan Notepad++

Dan hasilnya seperti ini.


Cara Penulisan WHILE

Perulangan WHILE digunakan ketika kalian tidak mengetahui kapan perulangan itu berhenti, tapi perulangan WHILE juga bisa digunakan ketika kalian sudah mengetahui kapan perulangan itu berhenti. Berikut cara penulisannya

program nama_program;
uses crt;
var
    //Deklarasikan variable disini

begin

    //Penulisan WHILE
    while(kondisi_berhenti) do
        begin
            //Tulis script yang akan diulang disini
        end;

end.

Perlu kalian ketahui, kondisi_berhenti diatas maksudnya adalah kondisi dimana perulangan tersebut akan berhenti dan biasanya menggunakan operator perbandingan. Unutk lebih jelasnya, akan mimin contohkan cara penulisan yang benar dan silahkan kalian pelajari.

program looping_while;
uses crt;
var
    i : integer;

begin

    i := 1;
    while(i <= 10) do
        begin
            writeln('Belajar Looping Ke-',i);
            i := i + 1;
        end;

    readln;

end.

Kenapa harus menggunakan proses i := i + 1? Perlu kalian ketahui juga bahwa WHILE ini tidak sama seperti FOR yang mana i atau variable penampungnya menjumlahkan secara otomatis. Oleh karena itu, kita harus buat proses penjumlahan i agar i bertambah dan berhenti ketika i sudah terpenuhi (dalam kasus disini berarti i > 10). Ketika i = 10, proses masih berlanjut karena kondisi i <= 10 terpenuhi (TRUE). Ketika masuk kedalam while, i bertambah 1 menjadi 11 dan ketika proses pengecekan kondisi i <= 10 sudah tidak terpenuhi (FALSE), maka program akan keluar dari WHILE dan melanjutkan proses selanjutnya (dalam kasus diatas, proses akan loncat ke readln). Berikut codingan mimin menggunakan Notepad++.
Dan hasilnya seperti ini.

Cara Penulisan REPEAT UNTIL

Penggunaan perulangan REPEAT UTIL sama dengan WHILE, yaitu digunakan ketika kita belum mengetahui kapan perulangan tersebut akan berhenti maupun sudah mengetahuinya. Berikut cara penulisannya.


program nama_program;
uses crt;
var
    //Deklarasikan variable disini

begin

    //Penulisan REPEAT UNTIL
    repeat
       //Tulis script yang akan diulang disini
    until(kondisi_berhenti);

end.

Terlihat dari bentuk penulisannya bahwa REPEAT UNTIL ini akan mengeksekusi terlebih dahulu script yang ada di dalam REPEAT UNTIL dan proses pengecekan kondisinya di akhir. Artinya, program akan berjalan minimal 1 kali walaupun kondisi tidak memenuhi karena proses pengecekannya di akhir. Untuk lebih jelasnya, akan mimin contohkan cara penulisan yang benar dan silahkan kalian pelajari.

program repeat_until;
uses crt;
var
    i : integer

begin

    repeat
        writeln('Belajar Looping Ke-',i);
        i := i + 1;
    until(i = 10);

    readln;

end.

Sama seperti WHILE, REPEAT UNTIL juga harus menggunakan proses i := i + 1, karena i tidak akan menjumlahkan secara otomatis jadi kita harus membuatnya sendiri agar i nya terus bertambah hingga kondisi sudah terpenuhi. Dalam contoh kasus diatas, ketika i = 9 maka proses di dalam REPEAT UNTIL dijalankan dan ketika i nya bertambah menjadi 10 maka kondisinya sudah terpenuhi (TRUE), akibatnya proses di dalam REPEAT UNTIL selesai dan lanjut ke proses selanjutnya. Perlu kalian ketahui bahwa kondisi REPEAT UNTIL haruslah bernilai TRUE agar proses perulangan berhenti, sedangkan WHILE kondisinya harus FALSE agar perulangan berhenti. Berikut codingan mimin menggunakan Notepad++
Dan hasilnya seperti ini.
Loh ko perulangannya cuma sampai 9 min? Padahal kondisinya sudah sampai 10? Yaa memang demikian hasil dari REPEAT UNTIL ketika kondisi berhentinya sampai sama dengan 10. Kenapa demikian? Coba kalian pelajari sendiri, jika kalian menemukan jawabannya berarti kalian sudah paham tentang perulangan terutama REPEAT UNTIL.

Yaa mungkin cukup sekian pembelajaran kali ini, mudah - mudahan apa yang sudah mimin share pada artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, mohon maaf apabila ada kesalahan terhadap materi yang mimin sampaikan. Terimakasih atas kunjungan kalian.

Source Code

Looping atau Perulangan Pada Pascal Looping atau Perulangan Pada Pascal Reviewed by Admin on June 08, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.