Coding Pascal di Notepad++ - 4 Engineering

Coding Pascal di Notepad++


        Pada artikel sebelumnya mimin membahas tentang Install Free Pascal. Nah untuk artikel kali ini, mimin akan membahas bagaimana cara menjalankan atau mengcompile Pascal di Notepad++. Memangnya bisa ya? Tentu bisa, dengan syarat kalian harus install Free Pascal terlebih dahulu. Jika kalian sudah install Free Pascal, barulah kalian bisa mengcompile Pascal di Notepad++. Caranya bagaimana? Caranya sangatlah mudah, berikut pembahasannya.
  1. Langkah pertama, kalian pastinya harus memiliki aplikasi Notepad++ pada PC/Laptop kalian. Jika kalian belum memilikinya, silahkan download disini
  2. Selanjutnya, kalian harus download dulu plugin NppExec untuk mengcomplie Pascal. Caranya kalian klik menu Plugins > Plugin Manager > Show Plugin Manager.

  3. Kemudian akan tampil dialog Plugin Manager. Kalian cari plugin NppExec, jika sudah ketemu silahkan centang dan klik Install. Tunggu sampai proses download selesai. Jika pada PC/Laptop kalian muncul dialog dan kalian harus memilih Yes/No, klik saja Yes.
  4. Jika proses download sudah seleasi, maka Notepad++ akan meminta restart program, silahkan restart Notepad++ nya. Jika sudah, silahkan kalian lihat di menu Plugins apakah sudah ada NppExec atau belum, jika belum silahkan ulangi lagi langkah 1 sampai 3.
  5. Jika sudah ada plugin NppExec, silahkan kalian buka NppExec > Execute atau tekan F6. Setelah itu akan muncul dialog Execute. Didalam dialog tersebut silahkan kalian masukkan script berikut:
    NPP_SAVE

    cd $(CURRENT_DIRECTORY)
    fpc $(NAME_PART).pas

  6. Kemudian Save dan berinama bebas, tapi mimin sarankan pascal saja, setelah itu klik Save. Jika sudah, silahkan kalian klik  OK.
  7. Dan terakhir, akan tampil Console dibagian bawah Notepad++.
Bagaimana mudah bukan? Untuk mencobanya mimin akan berikan contoh program HelloWorld yang sudah di praktekkan pada artikel Install Free Pascal. Berikut scriptnya:
program HelloWorld;
uses crt;

begin
        clrscr;
        write('Hello World');
        readln;
end.
Kemudian kalian tekan F6 untuk execute script tersebut dan klik OK. Setelah itu, akan tampil Console dibagian bawah Notepad++. Console tersebut fungsinya untuk mendeteksi apakah ada error atau tidak pada script yang sudah kita buat sebelumnya. Jika ada error, console tersebut akan memberi tahu kepada kita pada baris keberapa error tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa proses execute tersebut tujuannya adalah untuk membuat .exe dari script .pas yang sudah kita buat.
Jika proses execute sudah berhasil tanpa error, program siap untuk di Run atau dijalankan. Caranya kalian tekan F5 untuk Run program. Kemudian kalian pilih lokasi program tersebut dimana, sesuaikan dengan kalian menyimpan script .pas. Jika sudah ketemu kalian kilk Run.
Dan hasilnya adalah seperti ini.
Yaa kelebihan Coding Pascal di Notepad ++ ini menurut mimin tampilannya enak untuk dilihat dan perpindahan cursornya pun sangat mudah tidak seperti di Free Pascal. Mungkin cukup sekian artikel kali ini, mudah - mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam artikel ini, terimakasih atas kunjungan kalian
Coding Pascal di Notepad++ Coding Pascal di Notepad++ Reviewed by Admin on May 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.