Apa itu Teknik Informatika? - 4 Engineering

Apa itu Teknik Informatika?



        Apa itu Teknik Informatika? Apa saja yang dipelajari di Teknik Informatika? Pelajarannya susah atau gampang? Pertanyaan - pertanyaan seperti itu lah kira - kira yang muncul dibenak para ABG yang baru lulus SMA yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan. Untuk anak - anak SMK yang mengambil jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan Teknik Informatika, atau masih kurang paham apa itu Teknik Informatika? Oke, anggap lah siapapun yang membaca artikel ini belum paham apa itu Teknik Informatika.

        Teknik Informatika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang komputer, khususnya di bagian software atau pengolahan data yang mana seteleh diolah data tersebut bisa bermanfaat bagi orang banyak. Selama pengalaman mimin di dunia Informatika, Teknik Informatika ini lebih banyak mempelajari bagian software atau pengolahan data, walaupun sedikit - sedikit akan bersinggungan dengan hardware komputer. Di jurusan ini kalian akan mengenal istilah "CODING". Ada yang tahu apa itu "CODING"? Pasti ada beberapa yang sudah mendengar istilah ini. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang coding, kalian harus tahu dulu Apa Itu Algoritma? Apa itu bahasa pemrograman? Karena di jurusan ini kalian akan sering belajar tentang hal itu. Selain itu, disini kalian akan diajarkan bagaimana menganalisis data, bagaimana merancang sebuah perangkat lunak, bagaimana merancang sebuah database dan masih banyak lagi yang akan kalian akan pelajari. Namun disini mimin akan menjelaskan sedikit saja bagian dari informatika.


        Lanjut ke pembahasan sebelumnya, apa itu "CODING"? Coding adalah sebuah istilah dimana kita melakukan penulisan algoritma yang sudah dibuat sebelumnya kedalam bahasa pemrograman. Di Teknik Informatika kalian akan sering melakukan coding, disini kalian akan diasah otaknya untuk menyelesaikan sebuah masalah dan ditungkan ke dalam algoritma. Masalah seperti apa yang dimaksud disini? Tentunya masalah yang dapat dikomputerisasi, contoh sederhananya adalah Online Shop. Dulu tidak ada istilah Online Shop, dulu kalau mau beli barang yaa kita harus pergi ke toko yang menjual barang yang kita cari itu. Kemudian orang - orang berfikir bagaimana caranya agar barang tersebut bisa dicari dan didibeli di rumah, kita sebagai pembeli tidak perlu pergi mencari barang tersebut dan ketika sudah dibeli barang tersebut bisa sampai di rumah. Bukan sulap bukan sihir, sekarang semua itu sudah bisa dilakukan dengan adanya Online Shop, berkat orang - orang Teknik Informatika tentunya yang membuat semua itu bisa terjadi. Itu lah contoh sederhana masalah yang dapat di komputerisasi.

        Maka dari itu, kalian harus memiliki logika yang kuat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bukan hal yang mudah menyelesaikan masalah seperti itu, pastinya kalian harus sudah berpengalaman dan sudah terasah otaknya. Selain mempelajari coding, kalian juga akan bertemu kembali dengan pelajaran kalkulus di semseter pertama dan ke dua (kalau di kampus mimin seperti itu, entah kampus lain mungkin sedikit berbeda). Untuk anak SMA tentunya sudah tidak asing lagi dengan pelajaran yang satu ini, yang menjadi masalah adalah anak SMK yang hanya belajar matematika teknik, yaa walaupun belajar sedikit dari bagian kalkulus. Di kampus mimin, semester 1 dan 2 matakuliahnya masih dasar atau matakuliah wajib dan belum terlalu menjurus, seperti Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika Dasar, yaa kurang lebih hampir sama dengan pelajaran pelajaran SMA. Selain mata kuliah wajib, kalian akan diajarkan tentang Dasar Pemrograman dan Algoritma, mata kuliah ini lah yang sebenarnya paling inti di Teknik Informatika. Namun setelah kalian semester 3 keatas kalian akan belajar lebih dalam lagi dan mulai menjurus ke Teknik Informatika yang sebenarnya.

        Untuk menilai apakah mata kuliah yang diajarkan di Teknik Informatika itu sulit atau tidak tentunya kalian harus merasakannya sendiri, sebab penilaian seseorang terhadap mata kuliah yang diajarkan berbeda - beda, ada yang mengatakan sangat mudah, cukup mudah, mudah, sulit, cukup sulit, sangat sulit. Namun baik sulit maupun tidak kalian tetap harus rajin belajar, karena penilaian sulit atau mudahnya mata kuliah itu tergantung orangnya, apakah orang tersebut memang rajin belajar atau tidak. Bagi yang rajin belajar pasti akan mengatakan mudah, sebaliknya bagi yang jarang atau tidak pernah belajar pasti akan mengatakan sulit.

        Sebelum kalian memilih jurusan, pastikan terlebih dahulu, apakah kalian menyenangi jurusan tersebut atau tidak? Karena apabila kalian salah jurusan, kalian tidak akan menyenangi semua mata kuliah yang diajarkan di jurusan tersebut dan ujung - ujungnya kalian akan mengundurkan diri alias pindah jurusan atau pindah universitas. Jangan sampai hal itu terjadi karena kalian tahu masuk ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta itu memerlukan biaya yang tidak murah. Sebelum kalian memilih jurusan ini kalian juga harus berfikir kembali, apakah kalian memang menyenangi jurusan ini atau tidak. Karena ada beberapa teman mimin yang menyerah di tengah jalan karena ekspektasi tidak sesuai dengan realita. Mungkin teman mimin berfikir bahwa jurusan Teknik Informatika itu seru dan materinya mudah - mudah, tetapi realitanya tidak demikian. Yaa walaupun bagitu tetap saja sulit atau mudahnya materi tergantung dari kemauan kalian akan belajar dan kesenangan kalian terhadap materi yang diajarkan.

        Bagaimana seru bukan jadi anak Teknik Informatika? Kalian yang menilai dan kalian yang menentukan, kemana kalian akan meluncur. Cukup sekian yang dapat mimin sampaikan, mudah - mudahan informasi yang mimin sampaikan ini bermanfaat untuk kalian. Mohon maaf apa bila terjadi kesalahan informasi pada artikel ini, karena semua informasi ini berdasarakan pengalaman mimin selama mimin bergelut di dunia informatika. Terimakasih atas kunjungan kalian.
Apa itu Teknik Informatika? Apa itu Teknik Informatika? Reviewed by Admin on May 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.