Install Free Pascal - 4 Engineering

Install Free Pascal


        Pascal adalah sebuah bahasa pemrograman yang berbasis CLI (Command Line Interface) bukan GUI (Graphical User Interface). Silahkan klik link berikut untuk penjelasan tentang GUI dan CLI Pengertian GUI dan Pengertian CLI. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara meng-install Pascal. Sebelum meng-install Pascal, kalian harus download dulu Pascalnya disini. Cari installer Pascal yang sesuai dengan spesifikasi komputer/laptop kalian. Kalau kalian bingung download yang mana, silahkan klik disini, mimin menggunakan Pascal yang ada di link teresbut dengan versi 3.0.2 menggunakan sistem operasi Windows 10 64 bit, jangan khawatir bagi yang 32 bit karena installer tersebut berabsis 32 bit dan bagi yang sistem operasinya dibawah Windows 10 juga bisa ko menggunakan Pascal yang mimin gunakan.

Berikut cara install Pascal
  1. Setelah kalian download di link yang sudah mimin bagikan tadi, selanjutnya kalian tinggal install seperti biasa. Caranya double klik pada installernya yang sudah kalian download.
  2. Setelah itu, akan muncul dialog setup, kalian klik next.
  3. Kemudian akan muncul dialog selanjutnya. Pada dialog ini kalian diminta untuk menentukan dimana lokasi program Pascal itu akan disimpan. Kalau sudah, kalian klik next.
  4. Jika sudah, kalian klik next sampai muncul dialog seperti berikut. Pada dialog ini, silahkan centang yang dilingkari merah, kemudian next. Kemudian install.
  5. Setelah proses install selesai, akan muncul dialog kembali. Kalian klik next saja sampai finish.
        Proses install Pascal sudah berhasil. Untuk membuka pascal ini, kalian double klik icon berikut di desktop kalian.
Jika tidak ada, kalian bisa buka folder dimana kalian menyimpan program Pascal ini pada saat install. Karena mimin simpan di Local Disk D, jadi mimin buka D:\Apps\FPC\3.0.2\bin\i386-win32\fp.exe, disitu lah lokasi exe nya. Untuk mencoba Pascal ini, silahkan jalankan programnya. Jika sudah maka akan tampil seperti berikut.
Sebelum melakukan coding kalian harus merubah lokasi dimana kalian akan menyimpan codingan tersebut. Caranya klik File kemudian pilih Change dir. Kemudian akan muncul dialog seperti berikut.
Silahkan kalain pilih akan menyimpan file codingan dimana. Caranya kalian tinggal double klik di nama folder atau di drivenya. Contoh kalian akan simpan file di data D, kalian tinggal double klik drive D, setelah itu klik Ok.

        Setelah selesai melakukan perubahan directory, baru lah saatnya melakukan coding. Untuk tutorial pertama ini, mimin akan mencontohkan program HelloWorld. Pertama silahkan kalian kilik File kemudian pilih New, maka akan tampil seperti berikut.
Seperti itu lah tampilan dari Pascal ini. Pada layar itu lah kalian mengetikan beberapa kode baris. Berikut coding untuk membuat program HelloWorld.

program HelloWorld;
uses crt;

begin {Awal penulisan}
    clrscr; {Untuk membersihkan layar}
    write('Hello World'); {Untuk menampilkan tulisan HelloW World                           pada layar}
    readln; {Untuk meminta inputan agar program tidak langsung               close}
end. {Akhir penulisan}

Seperti itu lah coding dari program HelloWorld ini. Perlu kalian ketahui bahwa script dari program pada Pascal haruslah diawali dengan begin dan diakhiri dengan end. Contoh pada Pascalnya seperti berikut.
Lalu bagaimana kita mengcompilenya? Cara mengcompilenya sangat lah mudah, kalian tinggal klik menu Compile lalu pilih Compile atau cara cepatnya kalian tekan Alt+F9. Setelah dicompile, lalu pilih menu Run kemudian pilih Run untuk menjalankan program atau cara cepatnya dengan cara tekan Ctrl+F9.

        Bagaimana mudah bukan cara menggunakan Pascal? Yaa tentu mudah apabila kalian mau mempelajarinya, karena pada dasarnya bahasa Pascal ini hampir mirip dengan bahasa keseharian kita namun menggunakan bahasa Inggris. Hanya saja tampilan dari Pascal ini kurang begitu enak untuk dilihat dan aga ribet juga untuk dioperasikan, tapi ya mau berbuat apa lagi memang dari sananya begitu syukuri saja lah hehe. Mungkin hanya sekian yang dapat mimin bagikan ke kalian, mudah - mudahan bisa bermanfaat untuk kalian, mohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam tutorial ini. Ditunggu saja tutorial selanjutnya yaa, terimakasih atas kunjungan kalian.
Install Free Pascal Install Free Pascal Reviewed by Admin on May 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.