Variable dan Tipe Data - 4 Engineering

Variable dan Tipe Data

       
        
        Sebelumnya kita telah membahas Apa itu Algoritma? Sekarang kita akan membahas tentang Variable dan Tipe data. Apa itu variable dan apa itu tipe data? Bagi orang awam pasti asing dengan istillah variable. Secara kasar variable adalah subuah tempat untuk menyimpan atau menampung sebuah data. Variable ini bisa diasumsikan sebagai gelas dan datanya berupa air, jadi gelas tersebut bisa menampung air. Tempat penyimpanan atau penampungan bukan hanya gelas, ada juga piring untuk menyimpan atau menampung makanan misalnya. Piring disana bisa dikatakan sebagai variable dan datanya itu berupa makanan.

        Lalu apa itu tipe data? Tipe data adalah jenis data yang mempunyai kriteria dan karakteristik tertentu. Dalam contoh diatas, air termasuk dalam tipe data karena air memiliki karakteristik yang cair, tidak padat dan menampati ruang. Sedangkan makanan memiliki karakteristik yang padat sehingga apabila dibandingkan antara air dan makanan akan sangat berbeda karakteristiknya. Maka dari itu air dan makanan bisa disebut sebagai tipe data karena keduanya memiliki karakteristik yang berebda.

        Apa hunbungannya antara variable dan tipe data? Jelas antara variable dan tipe data sangat lah berkaitan. Dari asumsi yang sebelumnya di jelaskan kita bisa lihat varable gelas hanya bisa menampung air, tidak mungkin gelas dapat menampung atau menyimpan makanan. Begitu juga dengan piring, piring hanya bisa digunakan untuk menyimpan atau menampung makanan, tidak bisa untuk menyimpan atau menampung air. Sebenarnya bisa saja gelas digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan piring untuk menyimpan air namun tentu hal itu tidak lah sesuai dengan tempatnya atau fungsinya.

        Sebelumnya kita sudah membahas apa itu tipe data namun masih dalam bentuk asumsi atau dengan kata lain masih dalam bentuk permisalan. Lalu bagimana tipe data yang sesungguhnya yang bisa dimengerti oleh komputer yang nantinya akan diolah oleh komputer? Nah sekarang saya akan membahas secara rinci beberapa bentuk tipe data. Simak penjelasan dibawah ini.
  1. Tipe Data Dasar
    Tipe data ini 
    sudah terdefinisi dalam komputer dan tinggal digunakan langsung. Tipe data dasar ini antara lain :
    1. String
      Tipe data untuk menyimpan tulisan atau teks.
    2. Integer
      Tipe data ini hanya bisa digunakan untuk bilangan bulat
    3. Character
      Tipe data ini hanya bisa digunakan untuk karakter. Contoh karakter a atau b atau c dan seterusnya. Tipe data character ini hanya bisa digunakan untuk 1 karater tidak bisa lebih dari 1 karakter.
    4. Real
      Tipe data ini hanya bisa digunakan untuk bilangan decimal
    5. Boolean
      Tipe data ini memiliki 2 nilai yaitu true dan false
  2. Tipe Data Bentukan
    Tipe data bentukan merupakan tipe data dari tipe data dasar yang kemudian diolah atau dimanipulasi kembali menjadi tipe data baru yang disebut dengan tipe data bentukan.
Selanjutnya bagaimana cara mendefinisikan sebuah variable dengan tipe data? Berikut penjelsannya.

Nama_variable : tipe_data

Contoh :

var1 : integer
var2 : string
var3 : integer[0..10]

Dimana var1 dan var2 adalah variable, variable var1 bertipe data integer dan variable var2 bertipe data string. Untuk var3 hanya bisa menampung data integer dari 0 hingga 10 karena pada tipe data sudah di definisikan bahwa integer[0..10] artinya tipe data integer mulai dari 0 hingga 10. Untuk penamaan variable tidak boleh diawali dengan angka atau symbol dan juga tidak boleh ada spasi, apabila nama variable terdapat 2 kata maka harus menggunakan underscores atau disatukan tanpa spasi.

Nama Variable
Keterangan
luasPersegi
BENAR
luasPersegi2
BENAR
2luasPersegi
SALAH
luas_persegi
BENAR
!luasPersegi%
SALAH
luaspersegi
BENAR
luas persegi
SALAH

Bagaimana dengan tipe data bentukan? Untuk tipe data bentukan caranya berbeda tidak seperti yang sudah dicontoh kan diatas.

Type namaTipeBentukan <
variable_1 : data_type_1,
variable_2 : data_type_2,
.
.
variable_N : data_type_N >

Contoh :

Type waktu <
Jam : integer[0..23],
Menit : integer[0..59],
Detik : integer[0..59] >

Maksud dari “Type” diatas adalah untuk mendefinisikan bahwa waktu (nama tipe bentukan) itu merupakan tipe bentukan yang didalamnya terdapat jam menit dan detik masing – masing bertipe data integer dimana jam hanya dari 0 hingga 23, menit dan detik hanya dari 0 hingga 59.

        Bagaimana? Mudah dipahami atau tidak penjelasan dari variable dan tipe data yang saya jelaskan? Orang yang baru mengenal dan baru belajar pastinya akan sulit untuk memahami logika dan konsepnya maka dari itu terus lah berlatih dan baca secara perlahan apa yang saya tulis diatas kemudian pahami dengan benar dan belajar lah kepada orang yang memang paham tentang variable dan tipe data.

        Mungkin hanya sekian ilmu yang dapat saya bagikan dan saya jelaskan kepada kalian. Mudah – mudahan apa yang saya jelaskan diatas dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih atas kunjungannya.

Artikel yang berkaitan :
Variable dan Tipe Data Variable dan Tipe Data Reviewed by Admin on November 01, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.